Tips Memilih Online Shop yang Jujur


Zaman sekarang sudah hal yang biasa jual beli via online, saya salah satu orang yang suka jual dan beli online. Terkadang ada beberapa barang yang lebih murah di online, tapi banyak juga yang lebih mahal dibandingkan toko off line. Bagi kamu yang belum pernah beli barang via online mungkin ada rasa takut dan penasaran. Yup, itu hal yang wajar, dulu saya juga gitu, bener ga ya ni OLS (online shop) jujur, tapi seiringnya dengan waktu saya bisa mengidentifikasi mana-mana saja yang jujur and perlu dipertanyakan.

Berikut tips-tips belanja via OLS berdasarkan pengalaman pribadi saya:

–          Tanyakan secara detil barang yang akan Anda beli, terutama fashion, karena standard ukurannya biasanya beda beda, tanyakan panjang baju, panjang tangan, lebar dada, ukuran S,M, L, bahan, tipis atau tidak. Kalau spesifikasi alat elektronik atau jam lebih mudah, kita bisa search sendiri di web resminya. Tanyakan juga keaslian, garansi, dll.

–          Tanyakan harga. Sekarang ini sudah menjamurr sekali OLS, ada distributornya, ada yg reseller, ada yang dropshipper. Harga yang lebih murah yaa yang dari distributor lah, bisa digoyang dikit. Tapi jangan kebangetan juga nawarnya, kalau sudah harga net ya terima saja. Tapi kalau saya sih lebih seneng cari distributornya langsung, atau dia stok barang, kenapa?karena sy bisa Tanya sepuasnya mengenai kondisi barang.

–          Kalau sudah oke nii dan udah kebelet pengen beli, sebelum deal, coba deh kamu search dulu nama dia, atau no HP nya, atau no rekeningnya, di Google. Ada track record yang buruk ga? Nanti akan keluar nama tersebut pernah tercantum dimana aja, biasanya sih di twitter, dari blog/webnya, dari FB, dari organisasi, dll. Kalau tidak ada yang buruk boleh deh tuh Deal mau beli.

–          Naahh kalau masih ragu juga, barangnya Asli, bagus, atau tidak kamu bisa CoD (Cash on Delivery), biasanya sih minta ketemuan disuatu tempat, kamu lihat barang dan transaksi di tempat deh. Kalau tidak memungkinkan CoD bisa juga dengan menggunakan Jasa Rekber (rekening Bersama). Rekber ini dilengkapi dengan pihak ke-3 yang dianggap sebagai rekening bersama. Gambaran umumnya, kamu transfer ke rekber yg dipercaya, kemudian OLS tersebut kirim barang, jika barang sudah sampai dan sesuai dengan yang penjual bilang, kamu tinggal bilang ke pihak rekber bahwa uang bisa dicairkan. Tapi ada uang jasanya. Untuk rekber apa yang bisa dipercaya, biasanya saya pake jasa dari rekber yang ada di kaskus, hehehee, coba aja deh hunting2. Transaksi yang bisa menggunakan rekber dalam jumlah besar loh ya, kalau Cuma brbrapa ratus ribu, apalagi puluhan ribu kayaknya ga bisa tuh. Kalau gadget murah dan si OLS nya tidak mau rekber, biasanya saya urungkan niat beli di OLS tersebut.

–          Alangkah baiknya coba kamu kenali cara OLS tersebut jualan (via BB twitter, atau FB), coba lihat foto2 resi yang sebelum-sebelumnya, testimony, foto sebelum barang dikirim (tapi ini agak sedikit merepotkan OLS, apalagi kalo orderan banyak), minta no resi saja sudah cukup untuk mentracking paket kita sudah sampai mana.

Seperti itulah kira-kira tips dari saya, kalau ada yang mau sharing untuk menambahkan tips boleh komen dibawah yaa, terimakasih untuk partisipasinya, selamat berbelanja J

Satu pemikiran pada “Tips Memilih Online Shop yang Jujur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s