Suka Duka jualan di Online Shop


Kepikiran pengen buka usaha? Tapi modal sedikit? Atau ga punya modal? Atau pengen memperluas pasar jualan kamu?, pengen jualan tapi ga punya waktu banyak karena kerja, sibuk dlll.

Artikel ini hanya sekedar sharig dari saya saja, tidak terasa sudah 3 tahun sejak 2010 awal saya jualan secara Online. Bermula dari jualan keliling, bawa sampel barang pesanan orang orang. Karena ayah saya buka toko jam, jadi teman-teman banyak yang nitip, “Ney mau beli jam dong, pengen yang kaya gini..gini..gini..”, nanti saya bawain deh tuh sampel-sampelnya yang kira-kira dia suka. Lama-lama temen-temen kuliah juga pengen, karena sudah beberapa yang lulus, jadi jam yang sesuai keinginan di fotoin satu per satu, lalu dikirim. Repot banget deh kalo udah minta foto. Tapi yaa lumayan laah, dapet komisi dari ayah, hehee.

Oia sob, saya itu tipe orang yang suka jualan, tapi ga asal jualan, maksudnya semua barang saya jual, ngga deh, atau yang lagi trend apa saya ikut-ikutan jual, tanpa benar-benar mengerti seperti apa kelebihan dan kekurangan yang saya jual. Sampai sekarang saya hanya berani jual Jam, Produk Kesehatan Herbal dari Tiens, dan Asesoris, karena saya sudah bergelut disana bertahun-tahun jadi sangat tahu seluk beluknya, tentang jam saya juga sedikit banyak tau bagian-bagian jam, service, mesin jam dll. Sampai saat ini saya juga masih konsumsi produk Tiens, jadi saya tau keluhan konsumen saya seperti apa, ga mau asal-asaln  Jadi kalau ditawarin jadi reseller/distributor lain saya suka tidak mau.Modal utama OLS itu kepercayaan!.

Lanjut ke topik. Kalau suka nya jualan online itu buat saya selain untung (jelas lah ya namanya juga jualan), pasar kita lebih luas, hemat oprasional, omset lebih besar karena saya on dan off line juga, bisa dikerjain sambil ngurus rumah atau sambil tidur-tiduran dikasur, hehee.

Dukanya banyak juga, terutama untuk jam, pengen fotoin jam yang sesuai keinginannya, gilee dah, di toko ada ratusan jam, seharian saya foto juga ga beres, belum lagi kalau difoto hari ini eehhh ternyata besknya udah ke jual. Terus kl udah difotoin ternyata ga ada yang sreg, capedeeehh! Ada juga reseller yang pengen tau stok kita minta dikirimin picturenya, udah repot nanyain ke orang yang ada ditoko stok yang masih ada apa aja,eehh ternyata cm pengen ngejualin, udah gitu ga bilang kalo cuma mau ngejualain. Udah gitu minta spesifikasinya lagi, usaha dikit doonkk coba gogling gituu Saya kan ga setiap hari standby di toko.

Uang dibalikin, huhuuu,,karena saya jualin berdua bareng adik dan stok tinggal 1, rebutan deh tuh, mana duluan yang deal, ga jarang uang dibalikin karena baranya sudah ada yang book ternyata, hikss,sedih yaa, uangnya Cuma numpang lewat, hehehehee.

Ga sabaran minta resi, tenang aja mas / mba, insyaallah saya penjual yang jujur dan tepat waktu, insyaallah barang diikirim dan nyampe. Terkadang resi baru dapet keesokan hari, jadi bersabarlaah.

Diomelin barang ga nyampe-nyampe, ini karena kesalahan pemakaian jasa pengiiriman barang, haduu kapok deh.

Ongkirnya ternyata lebih mahal, nombokin deh. Nawar gila-gilaan. Udah deal semuanya, ternyata ga transfer-transfer (pembeli penipu) malah dihapus kontak saya, cobalah pahami perasaan penjual, jangan Cuma maunya dipahami, kalau barang tersebut dalam waktu yang bersamaan direbutin 2 orang ternyata penjual kasih ke Anda, lalu anda cancel begitu saja, kan  jadi ngek ngok. cuma bisa ngelus dada, belum rezeki, hihiii.

Katanya udah transfer, foto resi bukti transfer dikirim, karena beda bank, jadi ga online, ternyata sampai detik init uh uang ga nyamoe, minta pertanggung jawabannya malah menghilang. Yaah nasib deh.

Begitulah cerita saya, apa ceritamu?

Satu pemikiran pada “Suka Duka jualan di Online Shop

Tinggalkan Balasan

