Genggamlah apa yang bisa digenggam


Berbicara mengenai pengharapan, rencana, keinginan, hasil, semua orang ingin yang terbaik, semua orang menginginkan apa yang diharapkan atau diinginkannya tercapai, rencananya berjalan dengan lancar, mendapatkan hasil yang sesuai harapan.

Namun apa yang terjadi jika semua itu tidak tercapai, tidak sesuai dengan rencana dan keinginan kita? Kecewa, sedih, marah, menyesal akan kita rasakan. Ketahuilah saat kita bekerja keras, berusaha untuk mencapai semuanya, kita seperti sedang menggenggam telapak tangan kita.

Coba lihat telapak tangan kamu, lebarkan dan lihatlah ditangan kamu terdapat harapan, keinginan, rencana, dan hasil yang ingin kamu wujudkan. Kemudian genggam semuanya, pastikan semuanya tergenggam oleh jari-jari kamu. Seperti apapun kamu berusaha tetap saja ada bagian yang tidak bisa kamu genggam, bagian itulah yang berada dilar kuasa kita, itu adalah bagian Allah, biarkan Allah yang membantu, biarkan Allah yang menentukan hasil akhirnya nanti, apakah akan terkabul, sesuai rencana atau hasil yang diinginkan.

Realitanya seperti apa?

Begini, jika kamu adalah seorang pengusaha, genggamlah apa yang masih bisa kamu genggam, dibawah kendali kamu, seperti mencari investor, mencari partner, dll. Lakukan hal-hal yang kira-kira masih bisa dibawah kendali (genggaman) kamu. Permasalahan apakah investor mau atau tidak, apakah calon partner kamu mau kerjasama atau tidak itu sudah di luar kendali (genggaman) kamu, hal itu adalah tugasnya Allah. Artinya kita tinggal tawakal saja, kita yang berusaha biarkan Allah yang menentukan hasil.

Jika kamu seorang aktivis dakwah yang sedang sedang merencanakan sebuah strategi dakwah, lakukan lah apa yang bisa kamu kendalikan, rekrutmen, birokrasi, pendanaan, dll. Biarkan Allah yang mengurus segala sesuatu yang berada di luar genggaman kita. Allahpun sudah berjanji, jika kita menolong agama Allah maka Allahpun akan menolong kita.

Right?

Keep positive, keep believing n faith, never give up.

Banzai!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s