Saat yang Baik Untuk Hamil


Seorang wanita sebaiknya hamil pada usia 20-30 tahun. Pada usia tersebut alat reproduksi berfungsi optimal untuk kehamilan, siring dengan kesiapan mental untuk menjadi ibu.

  • Ibu berumur kurang dari 20 tahun

Sebaiknya menunda kehamilan terlebih dahulu. Semakin muda umur saat hamil, resiko kesehatan bagi ibu semakin meningkat, misalnya terjadi hipertensi dalam kehamilan, anemia, gangguan pertumbuhan janin atau melahirkan bayi prematur. Ketidak sesuaian panggul dengan kepala janin juga lebih sering didapatkan pada ibu usia sangat muda. Zaman Rasulullah dulu gimana ya? Dulu A’isyah kan menikah diusia muda. Mungkin kondisi zaman dulu yang masih serba alami dan bebas polusi menjadi faktor perubahan utama kali ya.

  • Ibu berumur 30-35 tahun

Kehamilan pada usia ini harus lebih diawasi oleh dokter. Resiko masalah kesehatan yang dihadapi akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia ibu saat hamil. Bagaimana dengan kebiasaan wanita yang berasal dari dunia bagian barat? Menikah dengan usia 30-an. Eh tapi don’t worry bagi ibu yang usianya 30 tahunan, saya punya tante beliau menikahnya juga diusia kepala 3, bukan kepala 3 awal, tapi sudah tengah-tengah, saya lupa tepatnya berapa usianya. Saudara-saudara beranggapan “punya anak satu juga alhamdulillah” tapi taukah kamu, ternyata beliau punya anak 4. Tiga anak terakhirnya kembar! Wow amzing, dan jarak kehamilan kedua sejak kelahiran anak pertama hanya beda beberapa bulan, jadi mereka seperti kembar 4. Mantaaff. So don’t worry, bismillah dan konsultasikan ke dokter.

  • Ibu berumur lebih dari 35 tahun

Kehamilan pada umur lebih dari 35 tahun merupakan kehamilan beresiko tinggi. Semakin lanjut usia hamil, resiko mendapatkan penyulit selama kehamilan, persalinan maupun masa nifas akan meningkat. Kejadian hipertensi dalam kelainan sistem jantung/pembuluh darah lainnya juga meningkat. Pada usia ini kemungkinan ibu melahirkan dengan cacat bawaan akan meningkat, yang disebabkan oleh kelainan genetik, terutama kejadian Sindroma Down. Anak-anak yang terlahir dengan sindroma ini akan mengalami keterbelakangan mental dan beberapa kelainan fisik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s