Menghadapi hinaan dengan iman


Ada diantara kamu yang tidak pernah dihina?

Saya pikir tidak ada, Rasulullah saw yang paling di cintai Allah, paling sempurna, paling dipercaya oleh manusia sering sekali mengalami penghinaan.

Apa yang akan kamu lakukan jika kamu dihina?

A. Diam saja

B. Balas menghina

C. Menghindar

D. Cuek bebek

E. Mendoakan yang baik-baik.

Apapun jawabannya kamu harus hadapi dengan iman.

Gimana caranya? Saya juga sedang belajar, jadi sama-sama belajar dan bertumbuh yaa, ilmu ini saya dapatkan dari Aa Gym di Radio MQ FM setengah 12 sebelum azan dzuhur, sebentar, tapi ngena ke hati. Bagaimana kata Aa Gym?

Orang yang dihina kemudian menghadapi dengan iman, responnya  bisa jadi diantara berikut ini:

1. Bisa jadi ini adalah teguran dari Allah. Mungkin penghinaan itu benar, justru kita harus berterimakasih karena dia  telah mengingatkan.

2. Dengan penghinaan seperti ini saya jadi tahu bahwa dihina itu tidak enak, oleh karena itu saya tidak boleh menghina orang lain.

3. Ini peringatan dari Allah, bahwa Allah masih menutupi aib saya. Bisa jadi penghinaan itu tidak benar, tapi Allah masih menutupi aib kita dengan yang lain.

4. Ini jadi ladang pahala buat saya untuk sabar.

5. Belajar bahwa kemungkaran harus dibalas dengan kebaikan. Tidak selalu keburukan seseorang harus kita balas dengan keburukan juga, apa bedanya kita dengan dia. Untuk masalah ini kita harus banyak belajar ke Rasulullah saw.

Masih ingat cerita seorang pengemis buta yang selalu menghina Rasulullah, tapi setiap hari Rasulullah selalu menyuapi makanan kepada pengemis tersebut. Hinga Rasulullah wafat, pengemis itu baru tahu bahwa yang menyuapi makanan di pasar setiap hari adalah Rasulullah saw. Hingga ia bertanya kemana orang yang selalu menyuapiku? Sahabat mengatakan ia adalah Rasulullah dan telah meninggal. Saat itu juga sang pengemis masuk Islam. Subhanallah.

Mungkin kebaikan yang kita tanam tidak akan langsung dirasakan, bisa jadi nanti setelah meninggal sebagai amalan yang tidak pernah putus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s