Era Informasi


Dulu  sekitar 30 tahun yang lalu merupakan era industri, dimana pembangunan industri sedang merajalela. Efeknya orang tua akan menyarankan anaknya untuk sekolah yang baik agar mendapat nilai yang baik sehingga bisa bekerja di perusahaan-perusahaan besar.

Namun sekarang merupakan era informasi, dimana informasi memiliki nilai yang sanagt berharga. Informasi apa? apapun yang memiliki nilai manfaat yang sangat tinggi.

Oleh karena itu tidak heran jika begitu banyak informasi yang disharekan melalui internet, infotaiment yang semakin semarak, banyak seminar-seminar, dunia percetakan begitu semarak, karena apa? karena sekarang adalah Eranya Informasi Sist and Gan! Oleh karena itu orang-orang yang tertutup akan informasi akan tertinggal jauh, sudah tidak mau membaca tidak mau mendengarkan lagi, ckckck, segeralah bertaubat, karena informasi itu bisa didapat dengan membaca atau mendengarkan.

Buka mata, buka hati, buka telinga. Lihat lah disekeliling kita, betapa pentingnya informasi. Saya akan memberikan beberapa contoh tentang pentingnya informasi melalui pengalaman saya, semoga bermanfaat.

  1. Beberapa hari yang lalu saya berkunjung kerumah teman d daerah Cipedes, saat itu saya melewati sebuah komplek elit, menurut saya tempatnya sangat strategis, dekat sekali ke jalan Setia Budhi, sangat nyaman untuk di jadikan daerah tempat tinggal, saya iseng tanya ke satpam yang mengantar saya, “berapa pak harga rumah di komplek ini?”. Pak satpam menjawab ” minimal 10M neng”. Harga yang wajar ujar saya dalam hati. Pikir saya sepanjang perjalanan, kenapa setiap satpam tidak belajar saja bisnis mengenai properti/jadi broker, kan lumayan mereka pasti punya informasi lebih banyak mengenai rumah yang ada di dalam komplek atau daerah tertentu, dan biasanya penduduk setempat lebih mengenal dan percaya kepada satpam, dan seorang satpam sangat tau harga pasaran daerah setempat, seandainya saja mereka meluangkan waktu dan uang uang untuk mempelajari bisnis properti mungkin saja pak satpam itu bukan hanya sekedar satpam, tapi satpam yang memiliki rumah di dalamnya, asiik bukan? yaa..itulah kekuatan informasi.
  2. Sebuah informasi juga bisa bermakna negatif, saya harap tidak ada yang berbuat seperti ini. Jika ada seseorang yang memegang informasi  penting mengenai instansi/kelompok/individu yang melakukan keselahan, katakan korupsi, sedangkan orang ini mengetahui siapa-siapa saja yang terlibat (artinya dia memiliki informasi penting), untuk menutupi informasi penting ini orang -orang yang terlibat dalam korupsi ini akan melakukan ‘apapun’ agar info ini tidak tersebar luas. Sepenting itulah informasi, jika tidak diimbangi dengan keimanan akan merusak, tidak hanya banyak orang bahkan bisa jadi merusak bumi.
  3. Banyaknya seminar motivasi, seminar pengembangan pribadi, seminar bisnis, dll merupakan cara pencapaian informasi yang sedang digemari saat ini. Bagi mereka yang memiliki informasi lebih dan terbukti sukses dengan informasi tersebut, dapat membuat seminar. Anda tau berapa keuntungan setiap seminar yang diadakan? coba saja hitung sendiri. Hanya karena informasi yang dimiliki lebih banyak dengan segudang cerita pengalaman, seseorang dapat memiliki penghasilan yang berlimpah melalui seminar.
  4. Internet, hampir semua orang tau internet. Disinilah gudangnya informasi, semua informasi yang kita butuhkan bisa kita cari melalui internet. Buat saya ini merupakan media yang sangat penting, jika saya ingin cari informasi apapun yang ingin saya ketahui lebih lengkap saya tinggal tanya ‘Mbah Google’. Kebayang kah anda Betapa kayanya pemilik Google, orang ini sudah sangat tau pentingnya informasi dan manfaatnya bermain dengan informasi. Siapa yang tidak tau Google? hampir semua orang tau.
  5. Bagi para pemburu berita, informasi itu sangat mahal harganya. Bahkan mereka berani membayar ‘apapun’ harganya demi mendapatkan informasi esklusif dari sumbernya. Bagi pengangguran yang sedang mencari kerja, informasi itu sangat penting. Bagi konsumen, informasi mengenai produk yang mereka butuhkan.
  6. Billboard/Baliho merupakan salah satu media instan juga yang bisa di terima oleh banyak orang. Taukah untuk apa dipasang Billboard/Baliho besar? tidak lain dan tidak bukan untuk menyampaikan informasi langsung kepada masyarakat/calon konsumen. Bagi mereka yang memegang kunci informasi atau pemegang sarana penyampai informasi, akan mendapatkan keuntungan yang besar.
  7. Bagi seorang da’i agar ia memiliki manfaat maka ia harus menyampaikan informasi mengenai kegiatannya atau ilmu yang ia miliki agar sampai ke sebanyak-banyaknya orang, sehingga bisa bersama-sama membangun masyarakat rabbani.
  8. Bagi pengusaha/business man, sebuah informasi sangat berarti, informasi mengenai peluang usaha baru, atau informasi mengenai bursa saham, dll. Bagi mereka informasi adalah uang.
  9. Informasi sangat mudah dibawa dan sangat cepat sampainya, terutama informasi yang diampaikan lewat mulut, apalagi dari wanita, wkwkwk (ngerumpi.com). Inilah media informasi yang cepat dan efektif. haha. Semoga infonya yang baik-baik aja :).

Banyak orang yang sukses di Era Informasi ini karena mereka memiliki Informasi yang sangat berharga, atau mereka puya cara yang efektif dan menarik untuk menyampaikan informasi.

Sebuah informasi dapat mengubah hidup bahkan dunia. Mengapa? karena dari informasi sesorang dapat berubah pola pikirannya, yang menentukan apa yang dilakukan, yang dilakukannya akan berubah menjadi kebiasaan, kebiasaan akan menjadi karakter, karakterlah yang akan menentukan nasib.

Pernah bertemu dengan orang yang nasibnya sukses, coba lihat karakternya seperti apa. Menurut saya tidak mungkin karakter bertolak belakang dengan nasibnya. Wallahualam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s