Ingat Kematian


Setiap jiwa akan kembali kepada Allah.

Sudah beberapa hari ini Allah mentarbiyah (mendidik) saya tentang kematian. Sesuatu yang pasti terjadi, entah kapan, seperti time limit yang terus mengintung mundur.

Allah mendidik saya dengan cara yang unik, dengan cara yang sederhana tapi menyentuh ke hati, sedikit tapi berhubungan dari hari ke hari, sungguh indah cara Allah untuk mentarbiyah ummatnya.

Pertama dari radio MQ Fm, disana ada sedikit tausyiah. Sepenggal kalimat yang saya ingat “jika kita sering memutar lagu di rumah, tidak menutup kemungkinan saat ajal menjelang kita akan sulit mengucapkan kalimat tauhid, karena setiap hari yang kita dengar dan kita nyanyikan adalah lagu, bukan tilawah kita.”

Kedua, beberapa kali saya mendapatkan sms teman lama atau seperjuangan meninggal dunia, padahal usia kami tidak jauh berbeda. Kemudia saya mendapatkan cerita dari teman mengenai calon pasangan hidupnya yang sudah tiada, padahal mereka sudah behubungan sekitar 5 tahun, long distance, rencananya mereka akan menikah setelah sang wanita lulus kuliah, diakhir menyelesaikan kuliahnya, sang pria pergi.

Dan hari ini pun saya membaca artikel tentang kematian seorang suami yang sangat mulia, padahal kalau dilihat dari judulnya tidak ada sangkut pautnya dengan kematian.

Dari semua itu Allah saya belajar, mau menunjukan bagaimanakah nanti saya mengakhiri cerita hidup saya di dunia, bagaimana orang-orang disekitar saya mengenang saya. Seperti apa yang saya inginkan.

“Saat ini yang terpikir oleh saya, saya ingin ketika SAAT itu datang, kondisi keimanan saya sedang berada di saat yang baik, meninggal dengan sebongkah keimaman”

 

Bagaimana denganmu Sahabat?

Tinggalkan Balasan

