Wanita Adalah Makhluk Terhebat


Saya berbicara mengenai wanita berdasarkan ilmu, pengalaman, pengetahuan yang saya dapat baik secara pribadi atau saya menyaksikan langsung. Terutama dari bunda, sodara, teman-teman bunda, dari curhatan teman-teman, dll.

Jika berkaca pada bunda, disana tergambar sosok wanita hebat, beliau adalah wanita terhebat yang pernah saya saksikan langsung, mengurus keluarga, rumah tangga, bantu usaha suami, bisnis pribadinya, bliau sebagai saudara, sebagai teman. Saat ini saya banyak belajar dari bunda, semua dari A-Z. Karena bunda saya juga bukan makhluk yang sempurna saya pake prinsip KAIZEN, ambil yang baik buang yang buruh, ciptakan ‘produk’ inovativ.

Beberapa hal yang saya banggakan tentang wanita.

1.       Sebagai wanita single

Banyak hal yang bisa dilakukan wanita saat single. Seperti pada umumnya ada yang kursus, sekolah/pendidikan, ikut organisasi, menggali potensi. Sedikit sekali perbedaanya dg kaum pria. Tapi kalo saya, saya mencoba berbagai hal positif, prinsipnya “mumpung ga ada yang di urus selain diri sendiri, jadi puas-puasin”, penting banget buat bekal. Kalau memilih bekerja juga boleh, tp saran saya jgn cuma 1 aktivitas homogen saja, sayang mumpung masih sendiri, kembangkan sayap, perluas pergaulan, tingkatkan softskill, dll.

2.       Sebagai Istri

Hmm kalo ini gmn ya? Saya belum berpengalaman, tp kalo melihat bunda dan istri2 yang lain, seorang istri mempunyai kemampuan multi tasking yang sangat banyaak, banyaak sekali, saya bangga menjadi wanita karena wanita mammpu memecah fokusnya menjadi banyak. Selain mengurus dirinya sendiri, istri juga mengurus suaminya. Makannya saya suka bingung kenapa ada suami yg jahat sama istrinya, tdk mau berusaha keras membahagiakan istrinya baik materi atau non materi, karena pekerjaan istri itu banyaaaakk, apasalahnya berikan fasilitas terbaik sehingga dapat melepas kepenatan dalam hidupnya. Apalagi kalo udah jadi ibu..yuuk kita pindah ke poin di bawah

3.       Sebagai Ibu

Wanita yang menjadi ibu kalau saya perhatikan kekuatan wanita sesungguhnya keluar. Mulai dari hamil sampai melahirkan, itu membutuhkan energi ekstra, bagi kaum pria mereka ga ngerti dan tidak merasakan hamil seperti apa (saya juga sih belum), tp kalo denger dr sodara2, dua jempol deh buat wanita. Saat hamil mengalami perubahan fisik dan fisiologi yang luar biasa, mulai dari hormon sampe perut yang terus membesar, mental juga dipake untuk menghadapi saat2 sulit. Udah lahiran, wanita akan banyak memakai tenga dan mental mereka, sabar, capek, lelah, oh iya belum ngurus suami n urusan rumah tangga, wah banyak juga ya..(terlalu nii kalo ada pria yang tidak menghormati wanita). Kata teman saya, “ibu itu luar biasa, saat dia sedang makan anaknya nangis karena BAB, tp dengan senang hati dy membersihkannya”. Iya juga ya..kalau laki2 mau ga?? Paling manggil mamah lagi.

4.       Sebagai pendidik Generasi bangsa

Disini ni peran terbesar wanita untuk bangsa. Ada ungkapan “segala sesuatunya di mulai dari keluarga/ dimulai dari dalam rumah”. Bagaimana akhlak anak itu di muali dari ibunya, ya karena yang anak lihat pertamakali adalah akhlak ibunya. Wuidiii, jadi otomatis ibu juga harus cerdas, banyak baca buku (bukan buku kuliah aja/majalah), punya kemampuan mendidik anak yang baik, makannya perbanyak pengalaman saat single, penting itu. Kalau dari kecil di-didik dengan benar agamanya, akhlaknya keluar rumah pun tetap terjaga, kalaupun nyasar dia tau jalan pulang , karena dia bisa merasakan  mana yang baik dan buruk. Tapi peran ayah juga penting, meskipun banyak ngabisin waktu kerja, makannya atuu ayah bangun aset biar ga kerja terus..(komentar seorang anak). Jika sebagian besar  ibu punya kesadaran seperti ini, insyaallah deh bangsa indonesia ga akan bobrok gini. Males ceritain kebobrokannya, mending ngomongin solusinya n action!.

5.       Sebagai Pengusaha

Banyak juga ni wanita single atau IRT yang jadi pengusaha juga. Bagi saya ini penting untuk kemandirian, jadilah wanita yang mandiri, sekaya apapun pasangan anda. Kalau masih punya ortu bisa ngasih uang/memenuhi kebutuhan ortu kapan aja tanpa harus ijin suami dulu. Lagian kebutuhan wanita tuh banyaaak, ga mungkin kan pendapatan suami di pake untuk keperluan wanita semuanya (istri macam apa itu, semoga gaterjadi ya). Banyak pengusaha wanita sukses, contoh terdahulu Siti Khadijah (wanita idola saya ini maah), Bliau pengusaha dan juga istri, mantaap kaan? Wanita punya penghasilan di luar suami itu sangat keren..hehe.

6.       Sebagai Negarawan/pemimpin

Ada juga wanita yang menjadi negarawan, contoh putri Diana, dengan kekuatan kasih sayang seorang wanita, meskipun bliau tdk menjadi putri lagi tapi bliau punya pengaruh yang besar di negaranya. Itulah hebatnya wanita.

7.       Sebagai teman/sahabat

Wanita sebagai teman atau sahabat biasanya lebih pengertian, penuh kasih sayang, dan suka ngobrol nyaris k gosip. Tapi sahabat wanita itu lebih baik, karena bisa merasakan apa yang dirasakan lawan bicaranya. Yaa walaupun ada beberapa yang senang curhat ke lawan jenis, tapi saran saya lebih baik ke sesama jenis aja deh, lebih aman, mudharatnya lebih dikit. mau peluk-pelukan bisa, mau curhat dimana aja aman, ah bebas deh, se ekspresif mungkin.

8.       Sebagai pengikut

Sudah jelas, wanita itu ngikut suami, tapi bukan berarti pria bisa semena2, wanita itu pengikut yang setia (kalau ada yang tidak setia, itu mah dia bukan saya, hehe). Prinsip saya “DiSAMPING (bukan d belakang)  pria sukses ada wanita yang luar biasa”

Kalau terasa sulit menyayangi orag tua terutama IBU, cobalah anda gantikan peran ibu anda selama seminggu penuh saja, mulai dar bangun tidur siapin sarapan, bebersih, nyuci piring, nyuci baju, masak, nyetrika, ngurus anak, kalo ibu punya bisnis, kerjakan juga bisnisnya. Paksakan diri anda sperti itu, saya jamin anda akan sangat mencintai ibu anda.

(bersambung ah..masih banyak yang mau di tulis)

kl mau komentar silahkan..krn sy sdg mlakukan riset pribadi ttg hebatnya wanita.

Satu pemikiran pada “Wanita Adalah Makhluk Terhebat

Tinggalkan Balasan

