Pasang Behel


Setahun sudah saya pasang behel.

Awalnya pasang behel gara-gara promosi dari tante, gigi anak-anaknya rapih setelah di behel.

Tergiur deh, cari dokter gigi, ternyata harus yang Specialis Orthodentis, jangan yang dokter gigi biasa apalagi tukang gigi. Why? karena kalau specialis mereka akan menyesuaikan dengan bentuk rahang dan syaraf, jangan sampe nanti kenapa2 gara-gara di behel. Selain itu kalau di specialis Ortho akan jelas hasilnya, sesuai dengan kemampuan gigi, banyak ngga orang yang di behel sudah tahunan tapi ngga beres-beres, kontrol aja terus, bayar aja terusm tapi ngga sembuh-sembuh? banyak. Ada juga yang cepet banget, hati-hati, nanti bisa mematikan saraf di gigi kita, akhirnya gigi kita mati, jadi hitam-hitam deh giginya, mau?

Sebelum di behel saya di rogten dulu, bagian rahang saja, setelah itu di serahkan ke dokter hasil fotonya. Waktu itu saya disarankan cabut gigi, huhu, wal hasil 2 gigi graham pertama saya di cabut deh, tidak terlalu sakit sih, tapi aneh aja gigi saya hilang, enak sih di beliin eskrim terus, hehehe.

Seminggu kemudian saya kembali ke dokternya kebetulan masih saudara, beliau ini dedengkotnya dokter gigi se Indonesia, kalau mau ada yang jadi dokter gigi harus ada tanda tangan beliau, lumayan dapet harga murah dari profesor.

Langsung di pasang deh, hhuuff cukup lama 1 jam-an, cape nganga terus, hehe.

Beres deh, pulanglah ke rumah. Bagaimana rasanya? serba salah mulut saya, ada yang nge ganjel. Tapi untungnya sampai sekarang saya ngga pernah sariawan gara-gara di behel, karena katanya banyak yang sariawan. Dalam tidur malem saya mimpi kepala sakiit banget, malem-malem bangun, ternyata semua gigi rasanya sakiiiiit sampe ke kepala. Ummhh,,kayak sakit gigi? aduh saya ngga tau deh kalau itu ngga pernah sakit gigi soalnya, yang jelas sakiiiit banget.

Ngga bisa makan, emang deh ni pasang behel bikin berat badan turun, ya iya lah, lebih baik ngga makan daripada harus ngunyah! Makan bubur ayam pun, ayamnya ngga bisa di kunyah, jadi cuman nelen bubur, nasi aja yang segitu lembeknya ngga bisa dikunyah, tersiksa deh..laper tapi sakit giginya, linu. Gigi kepentok gigi, bisa bikin sewot sendiri. bener-bener harus sabar. Setiap kontrol selalu sakit, huhuu. Yang bikin repot kalau makan banyak nasi yang nyelip, satu-satu harus dibersihin. Ngga bisa gigit apel, ngga boleh makan yang keras-keras. Lebih ngga enak lagi kalau si besinya copot..huhuu, cape lah dok. Ah tapi sekarang mash sudah mulai bisa, tapi males aja makan yang keras, takut copot.

Dari semua peralatan behel yang paling tidak saya suka adalah power chin atau benang karet, artinya adalah penarikan atau perapatan gigi..sama aja kaya pasang behel pertama kali. Sakiiit. Sikat gigi behel itu special, otomatis harganya special, lembut banget dan bulu bagian tengahnya lebih pendek.

Tapi kalau sudah rapih pasti seneng, pinginnya senyum-senyum terus.. hiiiiii :D

Pelajaran yang bisa diambil dengan gigi ini adalah, ternyata banyak sekali ya masalah-masalah gigi, tidak hanya gigi berlubang atau karang gigi, tapi struktur gigi itu mempengaruhi emosi kita, mempengaruhi bentuk wajah, kematian gigi, dll.

 

Kurang PD sama Tinggi Badan kamu? Minder dikatain pendek? atau Malu dengan perut buncit? kegemukan? pengen langsing tapi aman + sehat (penyakit lain kolestrol,maag, asam urat sembuh)? atau udah makan banyak tapi tetep Kurus? pengen gemukin badan? ayo follow @mba_herbal dia punya solusi untu semuanya, lagi ada PROMO menarik loh.

40 pemikiran pada “Pasang Behel

    • atas bawah waktu itu 7jt. kl atasnya saja krg tau, mungkin 3,5jt.
      tergantung kondisi gigii dan rajin kontrol..gigi saya wktu itu maju, krn ruang gusi sempit dicabut 2, waktunya 1,5 th kurang..

  1. hai sis mau tanya… prof bergman itu baik gak?? soalnya udah takut duluan denger cerita org klo dokter gigi itu sadis sadis >.< hehehe
    trus biaya per visit nya berapa? jadwal prakteknya?
    oya itu sakitnya sampai berapa lama setelah pasang behel ya?
    sori ya sis banyak pertanyaannya.. thanks a lot ^^

    • hehehee baik koo gan.
      biayanya 100-an. tergantung kalo ada yg copot/ilang bs lbh.
      jadwal prakterknya tiap hari jm 16-18 (tp biasanya jm 21 masih ada yg antri).
      Wktu itu sy sekitar 1bln sakitnya,,,baru bs ngunyah nasii, selama 1bln bubur/peelaaaaaaan pelaaaaaaan banget ngunyah nasi+abon, setelah itu biasa, tp sakit lg kl abs dikencengin behelnya, yaa paling 3 hari baru normal, tp ga se sakit pas awal pake. enjoyy aja gaan

  2. siiiss, aku baru mau pasang besok minggu… di dokter gigi yg udah terpercaya di keluarga,
    aku udah ketemu dokter dari bulan kemarin.. tapi gara2 aku lagi sibuk jadi baru pasang besok minggu..
    # awal nya pas dateng ke dokter tuh diliat kondisi gigi,.ditambal 3 atau 4 gigi. lupa ahahahha *aku gatau ada gigi berlubang* dan gigi kanan bawah dicabut.. sakittt :( akar gigi nya panjang dan gigi sehat, jadi kerasss..
    # terus seminggu kemudian gigi kiri bawah yg dicabut.. samaaaa sakit juga :(
    # nahhh 3 minggu kemudian (22 oktober) baru gigi kanan atas yg dicabut.. keras juga dan PATAH akar nya T_T. tp kata dokter nya ga masalah karena itu gigi sehat jd ga akan busuk.

    dan nanti minggu baru deh pasang behel nya :D hihiiihihihihi deg degan banget…

    *maaf ya kepanjangan*

  3. Assalamualaikum kakak,
    Mo nanya nih, klo behel yg permanent tu gmn sih kk?
    Gak hrs permanent jg kan d gigi kita,,, :-) :-)

    • wa’alaykumsalamwrwb. maksudnya permanen itu ga bisa dilepas-pasang. tp bracketnya/si besinya ditempel scra permanen digigi, tp bisa dilepas kok kl sudah selesai, alias sudah rapii giginya.

  4. pasang di jogja aja gan.. dokternya ramah.. profesional lagi.. ini ane baru pasang atas aja 2jtan.. tapi katanya kalau tau bukan orang jogja ats bawah bisa di mahalin jadi 7-8jt gan.. jadi kalau ada yg mau pasang behel bisa lewat ane,, bisa dapet diskon.. #haha

    • iya dulu ane diatas dicabut 2. setelah cabut sih masih oke2 ajaa. tp pas udah dipasang brecket dan udah mulai ditarik untuk dirapetin ituu yg rasaaaaaanyaaaaaaaaaaa x.x
      yah untuk bbrp bulan pemandangan gigi kayak pager, jarang2 tp nnti bs rapih lagi, jadi cantiiik ;)

  5. boleh tanya gak??
    selama belum bisa makan nasi itu kn makan bubur, klo makan es krim boleh gak yaa…
    iyaa laper banget tapi gak bisa makan :’(

  6. Assalamualaikum..kaka mo tny donk…
    dari awal ke dokter,rontgen,trs cabut gigi smpe pasang bracket makan waktu brp minggu/bulan?
    trs kontrol ke dokternya tiap brp bln sekali?
    makasih sbelumnya…

    • wa’laykumslmwrwb. maaf baru bales.
      ke dokter pertama kali diliat giginya, terus hari itu disuruh rontgen, hasil keluar hari itu juga, dikasiin ke dokternya, nnti sama dokternya diliat,,kl ada yg dicabut yaa paling dikasih surat rujukan dokter bedah mulut yg mana aja dicabut. setelah dicabut seminggu kemudian baru ke dokter utk behel. lamanya tergantung kita,,,langsung ke dokter utk cabut gigi atau dinanti2..
      kl sama dokter bergman rata2 sebulan sekali,,tp tergantung kondisi gigi..biasanya awal2 2minggu sekali,,

      yup sama2

  7. Mau tanya dong sis, anak saya baru berumur 10 thn, dah boleh pake behel ga yaa?? Trus biaya nya sama dgn org dewasa gaa?? Thanks….

  8. assalamualaikum …
    kak kan gigiku ada yg maju ada yg mundur .. trus aa 2 yg berlobang total sm satu berlobang setengah .. itu ntr yg berlobang setengah di cabut ga ya ? trus klo susunan giginya parah bgt mkan waktu brp lama ya ?? mksh

    • wa’alaykumussalam wrwb
      cb dikonsultasikan ke dokternya sekalian tambel gigi.
      dokter ortho bisa kok seklian tanya2.
      Tp biasanya kl udh berlobang dicabut, sekalian nnti kl mau diratain giginya (ga maju mundur) ada ruang. tp tergantung gigi yg mana dlu.

      Mungkin bisa 2 tahun..tergantung masalahnya.

  9. kalo boleh tau masalah giginya apa ya?kok musti cabut gigi segala?trus pake behelnya brp lama?
    *•.¸*•.¸*•.¸☆. ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́. ☆¸.•*¸.•*¸.•*˚
    -̶̶•̸Ϟ•̸ °•·· τнäиκ чöü ··•° •̸Ϟ•̸-̶
    *•.¸*•.¸*•.¸☆. ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́. ☆¸.•*¸.•*¸.•*˚

    • gigi sy maju yg atas dan utk mundurin butuh space kosong. sodara sy jg ada yg kasus seperti sy tp dy ga mau dicabut, memang sih giginya yg maju mundur di taring sdh rata tp ttp maju,,al hasil dy nyerah juga utk cabut gigi..skrg udah rapi.

      kl saya pake 1,5 tahun,, karena cuma mundurin yg atas, dan rapetin yg bawah. yg bikin lama itu ada 1 gigi yg sedikit miring, jdi posisinya ga lurus

    • gigi sy maju yg atas dan utk mundurin butuh space kosong. sodara sy jg ada yg kasus seperti sy tp dy ga mau dicabut, memang sih giginya yg maju mundur di taring sdh rata tp ttp maju,,al hasil dy nyerah juga utk cabut gigi..skrg udah rapi.

      kl saya pake 1,5 tahun,, karena cuma mundurin yg atas, dan rapetin yg bawah. yg bikin lama itu ada 1 gigi yg sedikit miring, jdi posisinya ga lurus

  10. Assalamu’alaikum wr.wb
    teh mau nanya, gigi saya kan gk rapihnya itu 2 ke belakang, apa harus di cabut juga ya, terus teh cara merawat gigi yang di behel,nya itu ribet ga sih teh, soalnya saya juga mau pasang, cuman masih ragu”, makasih tehh..

    • wa’alaykumsalamwrwb.
      nah kl untuk urusan cabut mencabut gigi itu harus liat sikonnya nah yang nentuin dokternya.
      k luntuk perawatanya mah rajin sikat gigi aja,,sikatnya yg bersih n pelan2 aja. paling kl abis makan ada nasi/sayur yg nyelip2..tinggal kumur2 atau kalau bandel pke tusuk gigi aja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s